Senin, 03 Juni 2013

Program C++ Derajat Graph

#include <cstdlib>
#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
bool ketemu,nolsemua;
int matrix[10] [10];
int i,j,jumlah_simpul,jumlah_sisi,asal,tujuan;
//isnisialisasi matrix
cout<<"jumlah simpul:";
cin>>jumlah_simpul;
cout<<"jumlah_sisi:";
cin>>jumlah_sisi;
for (i=1;i<=jumlah_simpul;i++)
for (j=1;j<=jumlah_simpul;j++)
matrix[i][j]=0;
//isi matrix sesuai input graf
for (i=1;i<=jumlah_sisi;i++){
cout<<"simpul asal:";
cin>>asal;
cout<<"simpul tujuan:";
cin>>tujuan;
matrix[asal][tujuan]=1;
matrix[tujuan][asal]=1;
}
//telusuri graf
i=1;nolsemua=false;
while (i<=jumlah_simpul && !nolsemua){
j=1;ketemu=false;
while (j<=jumlah_simpul && !ketemu){
if (matrix[i][j]==1)
ketemu=true;
else
j++;
}
if (!ketemu)
nolsemua=true;
else
i++;
}

if(nolsemua)
cout<<"graf tidak terhubung";
else

cout<<"graf terhubung";
//getch(4);

system ("PAUSE");
return 0;
}
»» READMORE...

Cara Menggunakan MySql di XAMPP melalui Command Promt

MySQL pada xampp ternyata juga dapat digunakan layaknya MySQL yang diinstall sendiri. Cara menggunakan MySQL di xampp sama dengan saat kita menggunakan MySQL yang kita install sendiri.
Tapi bedanya disini kita akan menjalankan MySQL nya melalui Command Prompt atau yang sering disebut dengan cmd. Langkah-langkah menjalankan MySQL melalui Command Prompt :
1.Buka aplikasi xampp yang sudah terinstall pada laptop atau komputer kalian, kemudian pada control panel xampp nya klik start pada MySQL nya.
 2. Buka Command Prompt dengan cara klik Start, keti k cmd pada Search Programs and
File
 3. Setelah masuk di Command Prompt, ketikan cd.. sebanyak dua kali untuk masuk ke direktori C dimana xampp kita di install
 4. Setelah masuk di rektori C ketikkan cd<spasi>xampp\mysql\bin" pada Command Prompt
 5. Setelah itu , ketik mysql<spasi>-u<spasi>root pada Command Prompt untuk masuk ke MySQL
 Keterangan :
Pada xampp, MySQL tersimpan di folder bin yang merupakan subfolder dari /xampp/mysql /bin . Dapat dilihat pada gam bar di bawah ini
Kemudian , kalau kalian membuat database menggunakan Command Prompt, maka database yang kalian buat akan tersimpan di folder data yang merupakan subfolder dari xampp/mysql/data

»» READMORE...

Cara membuat DataBase pada XAMPP



Ok gan dalam pembuatan database dengan mengunakan XAMPP kalian harus  menginstall dulu XAMPP di kompter kalian, Setelah kalian install click XMPP control panel tadi dan pastikan Apache dan MySql itu Svc nya tercentang jika belum tercentang bisa click start yang ada disamping setelah seperti yang ada pada gambar
1.    buka web browser kalian tulis “localhost/phpmyadmin”
2.    create database “isi sesuai dengan nama database yang kalian inginkan”
3.    create table database dan isi fields untuk membuat colum pada table tersebut
4.    isi fields  kemudian click save “colum bisa ditambah “
untuk membuat table kembali dalam database tersebut caranya sama saja dengan membuat table sebelumnya.
»» READMORE...

Sintaks Dasar HTML

STRUKTUR DASAR DOKUMEN HTML
HTML merupakan singkatan dari HyperText Markup Language adalah script untuk menyusun dokumen-dokumen Web. Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan.

Struktur dasar dokumen HTML adalah sebagai berikut:

<html>
<head>
<title>
Disini Judul Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
       
Disini penulisan informasi Web
</body>
</html>
Dari struktur dasar HTML di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. Tag
Adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter "<" dan ">",  sebagai contoh <body> adalah tag dengan nama body.
Secara umum tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter "/" setelah karakter "<"), sebagai contoh <body> ini adalah tag pembuka isi dokumen HTML, dan </body> ini adalah tag penutup isi dokumen HTML.

b. Element
Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana:

<title>
ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML
Disini Judul Dokumen HTML ini adalah isi judul dokumen HTML
</title> ini adalah tag penutup judul dokumen HTML

Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML,  tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya.
Contoh penulisan tag-tag yang benar
<p>
    <b>
       
................
    </b>
</p>

Contoh penulisan tag-tag yang salah
<p>
    <b>
       
................
    </p>
</b>

c. Attribute
Attribute mendefinisikan property dari suatu element HTML, yang terdiri atas nama dan nilai. Penulisannya adalah sebagai berikut:
<TAG
   nama-attr="nilai-attr"
   nama-attr="nilai-attr"
   .................
>
   .................

</TAG>
Secara umum nilai attribute harus berada dalam tanda petik satu atau dua. Sebagai contoh, untuk membuat warna teks menjadi kuning dan latarbelakang halaman web menjadi hitam, penulisannya adalah <body bgcolor="black" text="yellow">
d. Element HTML
Menyatakan pada browser bahwa dokumen Web yang digunakan adalah HTML.

Sintaks:
<html>
..........
</html>


e. Element HEAD
Merupakan kepala dari dokumen HTML. Tag <head> dan tag </head> terletak di antara tag <html> dan tag </html>.

Sintaks:
<head>
...........
</head>


f. Element TITLE
Merupakan judul dari dokumen HTML yang ditampilkan pada judul jendela browser. Tag <title> dan tag </title> terletak di antara tag <head> dan tag </head>.

Sintaks:
<title>
.........
</title>


g. Element BODY
Element ini untuk menampilkan isi dokumen HTML. Tag <body> dan tag </body> terletak di bawah tag <head> dan tag </head>.
Element BODY mempunyai attribute-attribute yang menspesifikasikan khususnya warna dan latarbelakang dokumen yang akan ditampilkan pada browser.

Sintaks:
<body text="v" bgcolor="w" background="uri" link="x" alink="y" vlink="z">
..............
</body>


Attribute text memberikan warna pada teks, bgcolor memberikan warna pada latarbelakang dokumen HTML, background memberikan latarbelakang dokumen HTML dalam bentuk gambar, link memberikan nilai warna untuk link, alink memberikan warna untuk link yang sedang aktif, vlink memberikan warna untuk link yang telah dikunjungi.
Jika attribute bgcolor dan background keduanya dispesifikasikan maka attribute background yang akan digunakan, akan tetapi jika nilai attribute background (gambar) tidak ditemukan pada dokumen HTML maka attribute bgcolor yang akan digunakan.


Sintaks dasar HTML meliputi bagian-bagian dasar yg dimiliki oleh HTML, diantaranya yaitu:
1. P (Paragraph), berfungsi untuk mengganti paragraf yg diikuti dengan baris kosong diawal dan diakhir paragraf. Cara penggunaanya dpt dilakukan dengan perintah tag <p> dan diakhiri dengan tag </p>. Jika kita tidak menutup dengan perintah </p>, maka seluruh file yg berada dibawahnya akan diikuti dengan baris kosong di akhir paragraf.

2. BR (Line Break), berfungsi untuk mengganti baris.
Sintaks: <br>

3. H1, H2, H3, H4, H5, H6 (Header), berfungsi untuk membuat header dengan ukuran enam jenis berbeda dan bercetak tebal.
Sintaks: <Hx> tulisan km </Hx>
Hx diganti dengan angka H1 / H2 / H3 / H4 / H5 ataupun H6..

4. B (Bold), berfungsi untuk membuat tampilan teks tercetak tebal.
Sintaks: <b> tulisan kamu </b>

5. I (Italic), berfungsi untuk membuat tampilan terks tercettak miring.
<i> tulisan kamu </i>

6. U (Underline), berfungsi untuk membuat tampilan teks bergaris bawah.
Sintaks: <u> tulisan kamu </u>

7. PRE (Preformated Text), berfungsi untuk menampilkan teks apa adanya.
Sintaks: <pre> tulisan kamu </pre>

8. Center, berfungsi untuk menampilkan teks dengan posisi horizontal.
Sintaks: <center> tulisan kamu </center>

9. HR (Horizontal Rule), berfungsi untuk membuat garis bawah.
Sintaks: <hr> tulisan kamu </hr>

10. OL (Ordered List), berfungsi untuk membuat nomor daftar urut.
Sintaks: <ol star="number" type="A"/"a"/"I"/"1"> Isi apa saja </ol>

11. UL (Unodered List), berfungsi untuk membuat daftar tanpa nomor urut (dlm format bullet).
Sintaks: <ul type="circle"/"square"/"disc"> isi apa saja </ul>

12. LI (List Item), merupakan isi pada daftar.
Sintaks: <li type="A"/"a"/"i"/"I"/"1"/"circle"/"square"/"disc"> isi apa saja </li>..
»» READMORE...

Penerapan E-Business pada Perusahaan PT. Inixindo Persada Rekayasa Komputer

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang mengkhususkan pada bidang pelatihan, PT. Inixindo yang juga adalah tempat penulis bekerja saat ini, cukup banyak aspek e-bisnis yang telah diterapkan di perusahaan salah satunya adalah Customer Relationship Management dengan mengandalkan aplikasi SugarCRM.
Pengertian dasar dari CRM adalah model manajemen relasi antara perusahaan dengan klien namun fungsi dari CRM itu tidak hanya untuk relasi antara perusahaan dengan klien saja, akan tetapi terdapat aspek proses bisnis dan prospek pemasaran juga. Dengan memanfaatkan teknologi CRM, perusahaan dapat menjaga relasi dengan klien dan dapat mengelola bisnis untuk meningkatkan prospek masa depan.
Penerapan CRM yang memanfaatkan perangkat lunak adalah salah satu tujuan PT. Inixindo dalam program Green ICT yakni mendukung penghijauan dalam bidang teknologi informasi dengan mengurangi penggunaan kertas. Sebelum diterapkannya CRM dengan perangkat lunak SugarCRM, hampir seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan manajemen relasi pelanggan dapat dikatakan “sangat tidak green” dengan terlalu banyak menghabiskan kertas untuk dokumentasi. Sebagai perusahaan penyedia jasa pelatihan TI, PT. Inixindo yang telah berdiri sejak tahun 1991 telah memiliki ribuan klien mulai dari instansi negara, perusahaan swasta hingga perorangan. Oleh karena itu, manajemen relasi dengan pelanggan adalah salah satu hal penting dalam proses bisnis perusahaan.
Selain keuntungan dari Green ICT, terdapat keuntungan lain yang dapat diambil dari CRM antara lain:
  • Peningkatan kualitas pelayanan kepada klien
  • Efisiensi biaya
  • Penerapan DSS (Decision Support System) oleh pihak manajemen
  • Meningkatkan profit perusahaan
Kualitas pelayanan kepada klien dapat dilihat dari relasi yang telah terbangun sehingga perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada klien. Dari hal tersebut jelas sudah mengarah kepada DSS sehingga pihak manajemen sebagai decision maker dapat menentukan strategi yang lebih baik lagi. Contoh yang telah dilakukan PT. Inixindo yaitu melihat materi pelatihan apa saja yang telah diikuti oleh seorang pelanggan dan berikutnya Account Executive dapat memberikan pelatihan yang baru kepada pelanggan tersebut.
Seperti halnya penerapan aplikasi pada umumnya, penerapan CRM juga masih mempunyai kendala. Sosialisasi dari penggunaan perangkat lunak pada proses bisnis sangatlah diperlukan karena sebagian pengguna masih terbiasa dengan kebiasaan lama mereka, misalnya masih mengandalkan tulisan tangan dan penggunaan kertas. Juga familiarisasi penggunaan komputer dalam pekerjaan sehari-hari menjadi salah satu poin penting dalam kesuksesan penggunaan perangkat lunak.
Dari faktor teknis juga ditemukan beberapa kendala. Kehandalan perangkat keras menjadi poin yang harus diperhatikan oleh pihak pengembang aplikasi. Mesin server yang lemah tentunya akan menghambat kinerja pengguna, dalam hal ini adalah para Account Executive (Sales) yang dapat mengakibatkan terhambatnya proses sosialisasi CRM tersebut.
Sinergi dari seluruh pihak terkait sangat dibutuhkan. Kesalahan komunikasi dari pihak manajemen, pengguna dan pengembang menentukan
kesuksesan dari penerapan CRM. Pihak pengembang yang notabene lebih fasih dalam bahasa teknis harus menggunakan bahasa non-teknis dalam
menjelaskan kepada pihak manajemen dan pengguna supaya saling mengerti.
Sumber:
- PT. Inixindo Persada Rekayasa Komputer
- SugarCRM
- Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang mengkhususkan pada bidang pelatihan
- Penerapan E-Business dengan CRM


Oleh:
Bambang Riono, S.Kom
38 PLSI
Alamat Url : http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/06/22/penerapan-e-business-dengan-crm/

alfian nur hidayat(09018277) tugas kuliah Sistem Informasi
»» READMORE...

Senin, 27 Mei 2013

program c++ permutasi kombinasi dengan class


#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <stdlib.h>

using namespace std;

int hasil;
// fungsi factorial :
          int factorial (int nilai)
          {
              hasil = nilai;
              while (nilai>1)
              {
              hasil = hasil * (nilai-1);
              nilai = nilai - 1;
              }
              return hasil;
          }
         
int main(int argc, char *argv[])
{
    int p,nq,max,x,i,j,n,k,r,s,tr,no;
    int a[100];
    div_t xx;
    for (i=0;i<100;i++)
    {
        a[i] = 0;
    }
//Tampilan Pembuka
printf("---------------------------\nPROGRAM GENERATE PERMUTASI\n\n");
printf("     Oleh Cumplunk.\n");
printf("---------------------------\n");

//input nilai n (jumlah data < maksimal 100 >)
printf("Masukkan Nilai n : ");
scanf("%d",&n);
//input data ke dalam array
for (i=1;i<=n;i++)   //ulangi untuk semua data hingga data ke-n
{
    printf("Masukkan Nilai Himpunan a[%d] : ", i);
    scanf("%d", &a[i]);
}
//input nilai r
printf("Nilai r : ");
scanf("%d", &tr);
//hitung nilai permutasi
p = factorial(n);
nq = factorial(n-tr);
if (nq==0) nq=1;
max = p/nq;
printf("Nilai Permutasi : %d\n\
              Tekan Enter Untuk Melihat Hasil Generate Permutasi...\n", max);
getche();  //fungsi membaca karakter keyboard
no = 1;   //variabel untuk menampilkan nomor

//men-generate permutasi dengan
//algoritma generate next-permutation

//generate sebanyak nilai permutasi
for (x=1;x<=max;x++)
{
    printf("%3d. ", no);
    for (i=1;i<=tr;i++)
        printf("%d ", a[i]);
    printf("\n", a[i]);
    no++;
   
    j = n - 1;
    while (a[j] > a[j+1])
          j = j - 1; //j adalah subcript terbesar dengan aj < aj+1
    k = n;
    while (a[j] > a[k])
          k = k - 1;  //ak adalah integer terkecil dan lebih besar dari aj
         
//tukar aj dan ak
i = a[k];
a[k] =a[j];
a[j] = i;

r = n;
s = j + 1;
while (r > s)
{
      //tukar ar dan as
      i = a[r];
      a[r] = a[s];
      a[s] = i;
     
      r = r - 1;
      s = s + 1;
      }
}
    system("PAUSE");
    return EXIT_SUCCESS;
}

»» READMORE...

Senin, 13 Mei 2013

fibonacci menggunakan class


#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

class Madis{  //deklaasi kelas
public:
void pilih();       //pendeklarasian fungsi pilihan
void arit();        //pendeklarasian fungsi aritmatik
void vibo();        //pendeklarasian fungsi baris vibonaci
private:
int q[100];
};
void Madis::pilih(){
int n;
cout<<"1. Aritmatik"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"2. Vibonaci"<<endl;
cout<<"\n\npilihan anda : ";
cin>>n;
cout<<endl;
if(n==1)arit();
if(n==2)vibo();
else
cout<<"Upsss,,, Please RUN Again"<<endl;

}
void Madis::arit(){
system("cls");
int n,s,a,jml=0;
cout<<"\nMasukkan nilai awal :";
cin>>s;
cout<<endl;
cout<<"Masukkan beda :";
cin>>a;
cout<<"\nMasukkan batas :";
cin>>n;
cout<<endl;
cout<<"\nMaka didapat deret aritmatik =>";
for (int i=0; i<n; i++){
       q[i]=s+i*a;
       cout<<q[i]<<" ";
       jml=jml+q[i];
}
cout<<endl;
cout<<"\nJumlah dari deret adalah "<<jml<<endl;
cout<<"\n\n";
pilih();
}
void Madis::vibo(){
system("cls");
int i,a,s,d=0,n;
cout<<"\nMasukkan nilai awal :";
cin>>a;
cout<<"Masukkan batas :";
cin>>n;
s=a;
i=a;
cout<<"\nMMaka akan di dapat deretan :\n"<<i<<" ";
for(int i=0; i<n-1; i++){

       q[i]=s+a;
       s=a;
       a=q[i];
       cout<<q[i]<<" ";
       d=d+q[i];
}
cout<<"nJumlah dari deret adalah "<<d+i;
cout<<"\n\n";
pilih();
}
int main(int argc, char *argv[])
{
Madis z;
z.pilih();

    system("PAUSE");
    return EXIT_SUCCESS;
}

»» READMORE...